EkonomiHeadline News

Mantap! Arahan Bupati Sofyan Kaepa, Gaji 13 ASN Banggai Laut Cair Pekan Ini

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Berkat percepatan proses keuangan dan arahan Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Banggai Laut dipastikan akan cair pekan ini.

Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Hasbullah Talaba, membenarkan hal tersebut, Ia menyebut pencairan gaji ke-13 tersebut merupakan arahan langsung dari Bupati Sofyan Kaepa.

“Sesuai arahan pak Bupati gaji 13 ASN dicairkan minggu ini,” kata Hasbullah kepada wartawan.

Bupati Sofyan Kaepa berharap dengan percepatan gaji 13 ASN ini dapat mendorong daya beli masyarakat dan dapat mempercepat perputaran ekonomi di daerah paling timur Provinsi Sulawesi Tengah itu.

BACA JUGA :  Bupati Sofyan Full Senyum, Berdasarkan Data : Ekonomi Banggai Laut Tumbuh 3.77 Persen tahun 2023

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menyampaikan bahwa total perkiraan anggaran yang digelontorkan dari APBN untuk gaji ke-13 ASN/TNI/Polri sebesar Rp50,8 triliun.

Isa merinci, untuk gaji ke-13 ASN/TNI/Polri yang berada di pusat, dari APBN dikucurkan sebanyak Rp18 triliun.

“Kemudian untuk ASN daerah yang kita salurkan dari APBN melalui transfer ke daerah (TKD), untuk ASN daerah itu Rp21,1 triliun,” kata Isa saat konferensi pers APBN KiTa edisi Mei 2024 di Jakarta.

Untuk pensiunan, lanjut Isa, Kemenkeu menggelontorkan Rp11,7 triliun dari APBN.

“Jadi totalnya kami perkirakan adalah Rp50,8 triliun,” tambahnya.

Adapun pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024 yang menetapkan ASN menerima pencairan gaji ke-13 pada tahun ini.

Adapun dalam paparannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan belanja kementerian/lembaga (K/L) terealisasi sebesar Rp304,2 triliun atau 27,9 persen dari pagu.

BACA JUGA :  Peduli, Bupati Sofyan Kaepa Rela Sisipkan Anggaran Perjalanan Dinasnya untuk Baksos Operasi Katarak Warga

Belanja pegawai tercatat sebesar Rp96,2 triliun, tumbuh sebesar 19,5 persen secara tahunan (yoy).

Pertumbuhan itu dipengaruhi oleh pembayaran THR ASN/TNI/Polri sebesar Rp16,4 triliun dan kenaikan gaji ASN/TNI/Polri dengan total penyaluran Rp79,8 triliun.

Editor : Nomo