BeritaHeadline NewsPendidikan

Dinilai Berhasil Terapkan Transformasi SDM Pendidikan, Pemkab Banggai Laut Diganjar Penghargaan Kemendikbudristek RI

JAKARTA, KABAR BENGGAWI – Kepiawaian Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa dalam mendorong pendidikan yang berkemajuan di  Banggai Laut terbukti nyata hingga diganjar piagam penghargaan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Piagam penghargaan itu diberikan karena Pemkab Banggai Laut berhasil melakukan implementasi Merdeka Belajar dengan kategori transformasi SDM Pendidikan kelompok Pemda transformatif.

Selain itu penghargaan tersebut merupakan bentuk keberhasilan Bupati Sofyan Kaepa yang telah mendorong proses pengangkatan Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah menjadi garda terdepan dalam transformasi pendidikan di satuan pendidikan.

Begitupun upaya Pemkab Banggai Laut dalam mendorong aktivitas komunitas belajar baik itu didalam satuan pendidikan dan atau antar satuan pendidikan yang telah memberikan dampak meningkatnya kualitas SPM literasi dan juga numerasi di daerahnya selama 2 tahun berturut-turut.

Ajang anugrah bergengsi itu diserahkan langsung oleh Direktur Jendral (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI Nunuk Suryani di puncak Festival Anugrah Merdeka Belajar, di Jakarta Convention Center Jl. Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat Jumat malam 7 Juli 2024.

Penghargaan itu diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jenny Manyunya yang juga mewakili Bupati Sofyan Kaepa.

Tak hanya Pemkab Banggai Laut, Kemendibudristek RI juga memberikan penghargaan ke 50 Pemda lainnya yang berhasil menerapkan berbagai kategori pendidikan pada puncak Festival Anugrah Merdeka Belajar tahun 2024.

Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim mengucapakan selamat kepada Pemerintah Daerah yang telah menerima penghargaan Anugrah Merdeka Belajar.

BACA JUGA :  3 Tahun Diperjuangkan, di Tangan Bupati Sofyan Kaepa Dusun Bolitan Mekar Jadi Desa

Nadiem menyebut penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kemendikbudristek RI kepada Pemda yang telah bersusah payah menerapkan spirit dari Merdeka Belajar di daerahnya masing-masing.

Adapun enam kategori penghargaan yang diberikan kepada pemda yaitu transformasi pembelajaran, transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan, transformasi pengelolaan pendidikan, transformasi anggaran pendidikan, transformasi pendidikan vokasi, dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Penulis : Nomo