EkonomiHeadline News

KM Sinabung Akan Sandar Dipelabuhan Balut

FOTO Tim Gugus Covid-19

BALUT, KABAR BENGGAWI – Untuk menyikapi masuknya kapal KM Sinabung, Senin (13/4), Tim Gugus Covid-19, menggelar rapat di sekretariat yang bertempat di kantor BPBD Kabupaten Banggai Laut. Berbagai unsur dihadirkan untuk merumuskan protokol sandarnya KM Sinabung.

“Ada syahbandar, Danramil, Kapolsek, dan organisasi buruh tadi,” kata Sekretaris Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Banggai Laut, Mulyadi Mojang.

Muliyadi menjelaskan,
KM Sinabung dijadwalkan bertolak dari Surabaya, Jawa Timur pada Rabu (15/4), kemudian tiba di Makassar Kamis (16/4), lalu melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Murhum Bau-bau dan tiba Jumat (17/4). Di Pelabuhan Banggai dijadwalkan sandar pada Sabtu (18/4).

“Kami masih menunggu informasi jumlah penumpang,” jelas dia.

KM Sinabung, kata dia, tetap akan merapat ke dermaga Pelabuhan Banggai. Dengan syarat, hanya penumpang yang diturunkan. Anak buah kapal tak bisa menginjakkan kaki di pelabuhan, begitu pun para kuli panggul dari TKBM tak bisa naik ke atas kapal.

“Koki tidak bisa turun belanja, hanya beri catatan saja nanti dibelanjakan di pasar sini,” katanya.

Ketika turun, barang milik penumpang akan disterilkan sebelum keluar dari area pelabuhan. Penumpang juga bakal melalui prokotol kesehatan. Pengantar dan penjemput tak bisa masuk karena hanya satu pintu yang akan dibuka petugas. “Pintu keluar-masuk hanya satu,” jelasnya.

Dari pelabuhan keberangkatan, Mulyadi menjelaskan, tidak sembarang orang bisa merangsek masuk ke KM Sinabung. Petugas hanya mengizinkan calon penumpang yang berangkat apabila memiliki kartu keterangan sehat dari fasilitas kesehatan dan mesti memiliki kartu identitas.

“Biar pun memenuhi keduanya, tetapi lewati screening,” katanya. Hal ini, kata dia, sesuai perintah Bupati Wenny Bukamo. Meski pun belum ada satu pun yang terinfeksi, semua pihak harus waspada. Karena itu, mereka yang dari daerah zona merah mesti disterilkan terlebih dahulu. *Man*

Update covid-19

One thought on “KM Sinabung Akan Sandar Dipelabuhan Balut

  • Amrin Madolan

    Ini bagian dari upaya penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Banggai Laut.

Komentar ditutup.