Pendidikan

Mini Lokakarya Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Kecamatan Banggai

BANGGAI, KABARBENGGAWI – Balai Penyuluh Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut, menggelar kegiatan Lokakarya Mini Stunting, (30/7/2023). Kegiatan ini, merupakan forum pertemuan antar petugas stunting dengan sektor terkait.

Tujuanya, untuk membangun komitmen meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan intervensi stunting, Selain itu digelarnya mini lokakarya ini, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenal apa itu stunting, bagaimana menyikapi dan seperti apa peran TPPS dalam penanganan serta pencegahan stunting.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

Dalam penjalasan Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi yang ditandai dengan tinggi badan di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri kesehatan.Lanjut, menyebutkan ciri-ciri stunting yaitu lebih pendek dari anak sebayanya, pertumbuhan lambat, berat badan balita tidak naik bahkan cenderung menurun dan anak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

penyebab stunting adalah kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi sebelum hamil dan setelah melahirkan, terbatasnya akses pelayanan kesehatan dan masih kurangnya akses makanan bergizi.