Pendidikan

Kegiatan Orientasi bagi Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan Bokan

BANGGAI, KABARBNGGAWI – Kegiatan Orientasi bagi Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada kader TPK di Kecamatan Bokan, agar mengetahui tupoksi, dan penyampaian materi tentang verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting hasil pendataan tahun 2023 untuk pendamping bagi Calon Pengantin.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

Selain itu, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tim pendamping keluarga dalam melaksanakan pendampingan terhadap keluarga, tugas tim pendamping ini nantinya seperti penyuluhan, fasilitasi layanan rujukan, serta survey dini factor risiko stunting.

Ada beberapa langkah penurunan stunting yang dapat dilakukan dalam pendampingan terhadap keluarga yang berisiko yaitu terhadap calon pengantin, pendampingan terhadap ibu hamil, pendampingan terhadap ibu pasca melahirkan, pendampingan terhadap ibu menyusui dan pendampingan terhadap bayi baru lahir sampai pada umur 2 tahun.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

Output hasil dari Orientasi bagi kader Tim Pendamping Keluarga di Kecamatan Bokan yang nantinya seluruh kader ini memahami apa saja tugas pokok dalam TPK ini yaitu ada di dalamnya pendampingan kepada ibu hamil, pendampingan pasca salin dan calon pengantin.