Pendidikan

Dapur Sehat Atasi Stunting, Di Gelar di Gonggong

BANGGAI TENGAH, KABAR BENGGAWI–  Dapur sehat atasi Stunting (Dashat) sangat berperan penting mengatasi stunting, Dapur sehat atasi stunting dimaksud dilakukan melalui pelatihan masak kepada keluarga resiko stunting (KRS) oleh kader Dashat. Pelatihan tersebut diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai Laut melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bekerja sama dengan BKKBN Sulteng yang digelar di Desa Gonggong Kecamatan Banggai Tengah.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

Stunting pada dasarnya adalah terganggunya tumbuh kembang anak yang tidak sesuai dengan umurnya serta terhambatnya perkembangan kepintaran anak.

Hadirnya kegiatan pelatihan masak kepada keluarga risiko stunting di desa ini karena sesuai dengan data yang diperoleh, angka stuntingnya yang masih sangat tinggi. Sehingga melalui pelatihan ini diharapkan angka stunting tersebut dapat diturunkan melalui pemberian asupan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

“Pemberian makanan yang sehat dapat diperoleh dari hasil tanaman yang ditanam baik itu di pekarangan rumah ataupun di ladang. Asupan gizi juga harus didapatkan sejak dini yaitu saat kehamilan seorang ibu. Stunting lebih baik dicegah sejak dini sebelum anak lahir,”