PendidikanSosial Budaya

Kampung Keluarga Berkualitas Desa Popisi Ikut Lomba Tingkat Provinsi

BANGGAI UTARA, KABAR BENGGAWI – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Padakauang Desa Popisi Kecamatan Banggai Utara bersiap dinilai untuk lomba Kampung KB tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) Dinas Kesehatan PPKB Suhurdin A Labana menyampaikan penilaian lomba itu dilaksanakan di Balai Terapung Desa Popisi. Penyandang gelar sarjana hukum itu menuturkan tujuan kegiatan tersebut untuk mengapresiasi kampung KB dengan status mandiri yang telah melaksanakan pengelolaan secara baik.

BACA JUGA :  Gubuk Tua dan Janda tiga Anak Hidup Memprihatinkan

“Diharapkan bisa masuk 3 besar dalam lomba Kampung KB”, terang Suhurdin, Kamis, (17/8/2023).

Sementara itu, dalam mengapresiasi Kampung KB dengan status Mandiri, Ketua Tim Kerja Dalduk Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah, Muh. Rosni mengatakan penilaian dilakukan melalui daring (website-red) dan masuk dalam nominasi lomba kampung KB

BACA JUGA :  2 Kali ke RSUD Luwuk, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Besuk Kembali Wagub Mamun Amir

Meski demikian, Rosni mengingatkan bahwa tingkat kesejahteran masyarakat yang berada di kampung Padakauang KB itu harus terus ditingkatkan agar bisa dikatakan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas.

“Dikatakan Kampung Keluarga Berkualitas dimana berkualitas artinya dalam keluarga rukun, harmonis, tingkat kesejahteraan meningkat, dan bahagia”, tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Tim Kerja Dalduk, Tanti Alrizda menilai Kampung KB di Padakauang Desa Popisi administrasinya telah dapat dikatakan baik. Namun, kata dia, masih perlu keterlibatan kelompok kerja (pokja) di dalamnya.

BACA JUGA :  Gubernur Rusdy Mastura Serahkan Hasil Studi Kelayakan Pemekaran 3 Kabupaten di Banggai

“Kampung KB di Padakauang Desa Popisi secara administrasi sudah bagus, klasifikasinya juga sudah berada di berkelanjutan, tetapi masih kurang dalam melibatkan pokja-pokja dalam kegiatan yang ada di Kampung KB”, pungkasnya.(***)