Headline NewsPemilu 2024Politik

Ketua KPU Banggai Laut Pantau Langsung Pelipatan Surat Suara Pemilu

Ketua KPU Banggai Laut Muhammad Syarif Asgar Uda’a (Foto:Ist)

 

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Ketua KPU Kabupaten Banggai Laut Muhammad Syarif Asgar Uda’a menerangkan, pihaknya melakukan pengawalan mulai dari percetakan di Jawa Timur hingga Banggai Laut. Kertas suara tiba pada 23 November 2020, kemudian langsung dibentuk panitia. “Kita gunakan PPK dan PPS dalam pelipatan kertas suara,” katanya di Labotan Sosodek, Jumat (27/11) malam.

Pelipatan, sortir, hingga pengepakan dilakukan di Labotan Sosodek dan mendapat pengawalan ketat aparat TNI/Polri dan Bawaslu setempat. Sementara anggota PPK dan PPS meriung dalam ruang pertemuan untuk mempersiapkan kertas suara.

“Kita hanya gunakan PPK dan PPS Kecamatan Banggai dan Banggai Tengah,” katanya.

Penggunaan PPK dan PPS, ujar dia, disebabkan mereka telah melewati rangkaian pemeriksaan, sehingga bebas Covid-19. “Saya usulkan kita gunakan 35 PPK dan 54 PPS,” papar dia.

Pelipatan kertas suara pemilihan gubernur dimulai 26 November 2020 dan selesai dalam jangka waktu satu hari. Kemudian dilanjutkan dengan kertas suara untuk pemilihan bupati. “Ini malam (27 November 2020), selesai sortir dan pelipatan,” katanya. (NOMO/MAN)