Headline NewsPeristiwa

Diterjang Gelombang KM Anugrah Saputra Tenggelam di Perairan Timpaus

FOTO: KM Anugrah Saputra Tenggelam

BALUT, KABAR BENGGAWI – Kapal Motor KM Anugrah Saputra dari Taliabu tujuan Luwuk dikabarkan tenggelam di perairan Timpaus, Kabupaten Banggai Laut, Minggu subuh (4/4).

Kepala BPBD Kabupaten Pulau Taliabu Sutomo Teapon, membenarkan peristiwa naas tersebut, ia mengatakan, Sabtu (3/4) pukul 22.00 Wit kapal bermuatan 60 ton itu bertolak dari Taliabu tujuan Luwuk, saat berada di perairan Timpaus, kapal yang memiliki muatan hasil alam berupa cengkeh, kopra dan arang tempurung tersebut diterjang gelombang tinggi dan angin kencang sehingganya dalam waktu satu jam posisi kapal tenggelam 90 persen.

BACA JUGA :  Kejari Balut, Musnakan 43 Barang Bukti

“Air masuk ke lambung kapal pada Minggu (4/4) pukul 03.00 pagi Wit mengakibatkan mesin kapal dan mesin pompa air tidak dapat berfungsi,” jelas Sutomo.

Sutomo menjelaskan pihaknya mendapat laporan pada pukul 04.58 Wit dan langsung bertolak menuju lokasi kejadian pukul 06.00 Wit. Tim evakuasi BPBD menemukan para ABK dan penumpang kapal pukul 07.48 pagi di perairan Timpaus dalam keadaan selamat.

BACA JUGA :  Terbukti Korupsi, Mantan Kepala BPKAD Banggai Kepulauan Divonis 14 Tahun Penjara

“Total penumpang yang di evakuasi yakni 12 orang dan 9 orang ABK, ” katanya.

Terpisah kepala BPBD Banggai Laut, Mulyadi Mojang mengungkapkan, pihaknya baru tiba di wilayah Matanga, saat itu BPBD Talibu telah tiba lebih dulu dilokasi kejadian.

“Sehingga untuk percepat penanganan kami hubungi BPBD Taliabu agar segera ambil langkah-langkah penanganan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Gawat! Berakhir Masa Tugas, Pj Bupati Banggai Kepulauan Terjadi Kekosongan ?

Belakangan diketahui para penumpang kapal telah di jemput oleh keluarga masing-masing, sedangkan para ABK kapal masih berada di desa Bobong untuk dimintai keterangan. (NOMO)