Headline News

Ranwal RPJMD Selesai Dibahas, DPRD Soroti Proyeksi Pendapatan yang Rendah

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Pemerintah daerah dan DPRD telah selesai membahas Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Kabupaten Banggai Laut tahun 2021-2026, Rabu (18/05). Meski baru tahap awal namun Pansus DPRD menyoroti berbagai hal dalam penyusunan dokumen itu salah satu yakni proyeksi pendapatan daerah yang begitu rendah.

Pansus DPRD menilai Pemerintah Daerah perlu lebih serius memacu proyeksi pendapatan. Misalnya memacu disektor perikanan dan pariwisata. Kedua sektor ini merupakan primadona Banggai Laut.

Ketua Pansus DPRD, Patwan Kuba menyoroti serius proyeksi pendapatan daerah yang sangat rendah itu, menurutnya kepala organisasi perangkat daerah (OPD) harus progres dan bekerja keras mamacu kinerja. “Jangan hanya itu-itu saja yang dikerja,” ucapnya.

Patwan mengatakan, ditahun 2022 pihaknya mendorong Pemerintah agar membangun tempat pendaratan ikan atau TPI agar pemungutan retribusi lebih maksimal.

Wakil ketua I DPRD itu juga mendorong percepat pembangunan coll storis segera dilaksanakan untuk penampungan ikan-ikan.”Agar tidak dikirim ke wilayah lain,”jelasnya.

Sebelumnya Patwan menyoroti dasar hukum penyusunan RPJMD yang tidak sesuai dengan hirarki atau tata urutan perundang-undangan.

Selain itu pula, Pansus DPRD meminta Bappeda memperbaiki penyajian data kependudukan yang belum sempurna dan kesalahan penulisan. “Kesalahan penulisan langsung disampaikan ke operator untuk diperbaiki,” pungkasnya. (NOMO)