Headline NewsSosial Budaya

Banggai Itu di Banggai Laut

Foto Sambutan Bupati Sofyan

BANGGAI, KABAR BENGGAWI– Kegiatan Festival Malobot Tumbe yang dibuka langsung oleh Reza Pahlevi direktur event daerah Kemeterian Pariwisata dan ekonomi Kreaktif Republik Indonesia. Sabtu (4/12) di taman kota Banggai.

Bupati Sofyan Kaepa mengatakan, meski Banggai Laut merupakan induk dari tiga Banggai bersaudara namun saat ini Banggai Laut adalah daerah yang baru saja menjadi Kabupaten.

Baca juga :  Taktik Jitu dan Profesionalisme Shin Tae yong

“Jika di ibaratkan dalam keluarga, Banggai Laut ini adalah orang tua yang melahirkan 2 Kabupaten, tapi orang tua itu, saat ini menjadi paling muda,” ungkapnya.

Dengan momentum acara adat ini maka menjadi wadah untuk mempererat hubungan ditiga Kabupaten Banggai bersaudara, leluhur kita sudah mendesain jika kegiatan ini akan melibatkan tiga Kabupaten.

Baca juga :  22 Milliar APBD Banggai Kepulauan Habis di Aplikasi Trading

“Berangkat dari Batui Kabupaten Banggai, telur maleo singgah di desa Pinalong, Kecamata Liang, Kabupaten Banggai Kepulauan dan rute selanjutnya berlabu di Banggai Kabupaten Banggai Laut,” ucapnya.

Dari ritual ini, kita sudah diajarkan sejak zaman dahulu leluhur kita untuk saling berkomunikasi dan bekerjasama untuk membangun daerah Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut.

Baca juga :  Nilai IPS Sulawesi Tengah Meningkat 2,28, Raih Predikat Cukup

“Saya berharap ada sinergitas antara tiga Kabupaten untuk saling membantu meningkatkan ekonomi masyarakat disemua bidang,” tutupnya. MAN