PolitikSulteng

MK Perintahkan Pencoblosan Ulang di Desa Tatakalai Banggai Kepulauan

JAKARTA, KABAR BENGGAWI – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Desa Tatakalai Kecamatan Tinangkung Utara, Banggai Kepulauan untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang atau PSU.

BACA JUGA :  Catat! Berikut Usulan Tarif Penerbangan Bandar Udara Banggai Laut ke Beberapa Kota

Hal itu untuk mengambulkan sebagian Perkara Nomor 98-01-05-26/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 yang diajukan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dilansir dari laman MK dalam putusannya lembaga Ketatanegaraan itu berpendapat permohonan Pemohon terkait pengisian anggota DPRD Banggai Kepulauan Daerah Pemilihan Banggai Kepulauan 2 adalah beralasan menurut hukum.

Sehingga Mahkamah memutuskan harus dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 Desa Tatakalai, Kecamatan Tinangkung Utara hanya untuk satu jenis surat suara yaitu surat suara untuk pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai Kepulauan Daerah Pemilihan Banggai Kepulauan 2.

BACA JUGA :  Sekretaris direktorat Jenderal Pemasyarakatan Bersama Bupati, Letakan Batu Pertama Pembangunan Lapas

Amar putusan dalam perkara ini dibacakan oleh Ketua MK Suhartoyo pada Senin (10/6/2024) di Ruang Sidang Pleno, Gedung 1 MK Jakarta.

“Mengabulkan permohonan Pemohon untuk sebagian. Menyatakan hasil perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan Daerah Pemilihan Banggai Kepulauan 2, Provinsi Sulawesi Tengah di TPS 01 Desa Tatakalai, Kecamatan Tinangkung Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan harus dilakukan pemungutan suara ulang… Menolak permohonan Pemohon untuk selain dan selebihnya,” ungkap Ketua Majelis Hakim Konstitusi Suhartoyo dengan didampingi oleh 8 hakim konstitusi lainnya.(*)

Penulis : Nomo