Gubernur Sapa Kepala Desa Yang Minim Kasus Covid-19

PALU, KABAR BENGGAWI – Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura berkesempatan menyapa beberapa Kepala Desa terkait penanganan Covid-19 dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Virtual Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Senin (23/8).

“Saya ingin mengenal kepala-kepala desa secara dekat,” kata gubernur sekaligus dialog menyangkut posko desa dan penyerapan dana desa untuk Covid-19 bersama kades.

Turut mendampingi gubernur, Kepala Satpol PP Drs. Nadir Lembah, M.Si, Plt Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura dan Jubir Pusdatina Covid-19 Adiman, SH, M.Si.

Untuk memotivasi, gubernur mengumumkan bahwa desa yang dinilai terbaik dalam penanganan Covid-19 oleh bupatinya akan mendapat apresiasi motor dari pemerintah provinsi.

Dari beberapa sampel desa, gubernur melihat penerapan posko desa dan penyerapan dana desa untuk Covid-19 tidak menemui kendala berarti.

Kepala Desa Moleono, Kabupaten Morowali Utara, contohnya melaporkan dari alokasi 8 % dana desa untuk Covid-19 yang direalisasikan desanya sudah mencapai 73 %.

Anggaran antara lain digunakan untuk kegiatan posko desa, rumah isolasi, dapur umum dan lumbung pangan serta penyemprotan disinfektan tiap seminggu sekali.

“Kalau semua desa seperti Anda, Saya percaya Covid-19 bisa Kita atasi,” kata gubernur dengan nada optimis.

Bahkan dari laporan beberapa kades lainnya seperti Desa Louk (Banggai), Desa Padang Tumbuo (Tojo Unauna), Desa Batu Rata (Buol), terungkap bahwa angka ketertularan di desanya masih nol alias tidak ada warga terpapar.

Atas hal itu, gubernur bersyukur dan berterima kasih berkat peranan Kadis PMD Provinsi dan kabupaten yang telah gerak cepat mengambil langkah-langkah strategis.

Melalui Kadis PMD Kab dan Para Kepala Desa, gubernur juga menitipkan salam kepada bupati.

“Kalau semua OPD turun, Kita kolaborasi, Saya percaya (Covid-19) dapat segera turun,” pungkasnya.

Turut hadir secara virtual Tim Asistensi gubernur Ridha Saleh, Kepala PMD Prov/Kab Se-Sulteng, Para Kepala Desa dan Sekretatis Desa, Tim Pendamping Desa.

Ro. Adpim, Bagian Komunikasi Pimpinan, pusdatina, Satgas COVID-19

error: Content Kami Lindungi !!!