Bantu Industri Kecil Menengah agar Produknya Tersertifikasi Halal

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Upaya untuk menaikan Industri Kecil Menengah agar layak masuk ke pasar nasional terus digeber oleh Pemkab Banggai Laut, melalui Dinas Koperindag melakukan sertifikasi halal bagi pelaku Industri Kecil Menengah.

Irwansyah, Kabid Fasilitasi dan Informasi Industri Dinas Koperindag Prov. Sulteng mengatakan, perkembangan pangan lokal sangat tinggi di indonesia olehnya itu harus di sertifikasi halal hal berdasarkan amanat UU nomor 33 tahun 2014 tentang pangan, dengan bersertifakat halal pangan lokal tersebut dapat bersaing secara nasional.

“Pemerintah mendorong UMKM untuk menyadari pentingnya memiliki sertifikasi halal sebagai bentuk perlindungan dan jaminan pangan,” jelas Irwansyah saat memberan arahan kepada sejumlah pelaku UMKM di Ball room, Hotel Banggai, Selasa (9/11/2021).

Produk pangan yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal, dengan adanya level halal ini, ujar dia, dapat menjamin dan mengambil peran dalam proses produksi telah sesuai syariat dan tidak mengandung bahan yang diharamkan atau membahayakan. ” Tidak hanya konsumen, tapi penting juga untuk produsen,” ucapnya.

Meski begitu, dalam proses pengurusan sertifikat halal, terkait izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) tentunya harus memenuhi keamanan pangan dari kemungkinan pencemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat membahayakan kesehatan manusia. “Usaha pangan yang telah mengantongi izin PIRTsudah terjamin keamanannya kerana telah melalui tahap uji oleh Dinas Kesehatan sehingga yang lolos benar-benar layak konsumsi,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa menjelaskan, Pemkab akan terus melindungi para pelaku usaha kecil dengan memberikan berbagai fasilitas salah satunya dengan memberikan sertifikasi halal untuk makanan. “Kami akan terus melindungi ekonomi kerakyatan, dan memberikan fasilitas bagi pelaku usaha kecil,” ungkapnya.

Baca juga :  Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari, Menkes Pastikan Stok Vaksin Cukup

Selain itu, Pemkab juga telah bekerja sama dengan BPOM sehingga pelaku UMKM pangan bisa mengurus agar mendapatkan sertifikat tersebut. NOMO

error: Content Kami Lindungi !!!