Headline NewsPolitik

Ketua Bawaslu Lantik 52 Pengawas Desa

FOTO Ketua Bawaslu Balut Beri Sambutan

BALUT, KABAR BENGGAWI -Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur Kabupaten Banggai Laut (Balut) sudah berjalan, tugas pengawasan pun semakin berat. Untuk memperkuat kinerja pengawasan, perlu peningkatan jumlah personil pengawas di tingkat desa, maka dilantiklah Lima Kecamatan secara serentak dengan jumlah 52 orang Pengawas Pemilu di Desa.

Ketua Bawaslu Balut Suparto Bungalo dalam sambutanya Ia mengatakan, saat ini bapak/ibu sudah dilantik, sehingganya apa yang di ucapakan dalam naskah pelantikan harus dijalankan, selain itu pengawas juga harus memiliki kemandirian dan integritas, sehingga pengawas tidak bergantung pada pihak lain dan lebih profesional dalam bekerja. Kemudian yang tidak kalah penting adalah independent.” Pengawas desa itu adalah ujung tombak sukses dan tidaknya pengawasan pemilu,” Kata Suparto. Sabtu (14/03).

Mantan Sekretaris KNPI Kabupaten Banggai Laut ini juga menyampaikan bahwa pengawas desa terlantik juga harus bisa menjaga sikap dalam lingkungan sekitar, tidak berperilaku yang menunjukkan keberpihakan pada salah satu calon. Sikap netral ini juga harus diterapkan pada penggunaan medsos.” Bersikap netral jangan berpihak pada salah satu calon,” terangnya.

Selain itu, Suparto meminta kerja sama yang baik dengan aparat keamanan, sebab kerja pengawas desa itu cukup beresiko, benturan dengan masyarakat itu sering terjadi dilapangan,” Saya minta aparat kepolisian untuk melindungi teman-teman pengawas desa yang bertugas dilapangan,” ungkapnya. MAN