Headline NewsPemilu 2024Politik

Penyelenggara Pilkada Ingatkan Bakal Calon Tetap Terapkan Protokol COVID-19

Komisioner KPU bersama TNI Polri (Foto : Kabar Benggawi/ Rahman Mustika)

BALUT, KABAR BENGGAWI – Tidak hanya penyelenggara, komitmen mencegah COVID-19 harus datang dari bakal calon kepala daerah. Tahapan yang belum tuntas dan kurva kasus di berbagai daerah yang kian meningkat, membutuhkan upaya bersama dalam pencegahan.

Berkaca pada pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati 4-6 September 2020 di Kabupaten Banggai Laut, tiga kandidat tampak arak-arakan dan mengerahkan massa. Akibatnya, jaga jarak yang menjadi anjuran Gugus Tugas COVID-19 sulit diterapkan.

Diperkirakan, pada penetapan bakal pasangan 23 September 2020 potensi pengumpulan massa bakal terjadi lagi. Ketua KPU Kabupaten Banggai Laut, Muhamad Syarif Asgar Uda’a, bersepakat bahwa euforia pilkada tetap mengedepankan pencegahan COVID-19.

“Memang kita semua masuk di sini pakai protokol Covid,” kata Syarif, pekan lalu.

Terkait debat publik di lembaga penyiaran, Syarif Uda’a menyampaikan, bakal dilakukan pada salah satu gedung yang ada di banggai laut

“Nanti kita ke sana sama-sama. Dibatasi hanya bakal pasangan calon saja dan mungkin beberapa orang saja dari tim,” terang dia di hadapan bakal pasangan calon saat masa pendaftaran dua pekan lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai Laut, Suparto Bungalo, menjelaskan pihaknya juga terus mendorong agar bakal calon menaati protokol kesehatan dengan tidak berkerumun.

“Bahkan kemarin di pendaftaran kami ada ingatkan juga bakal pasangan calon,” tutur Parto

Pada pendaftaran, di luar pintu pagar KPU Kabupaten Banggai Laut massa pendukung bakal pasangan calon berjubel. Sebab, penyelenggara dan aparat keamaman memberlakukan dengan ketat protokol COVID-19. Hanya bakal calon, petugas penghubung, dan pimpinan partai koalisi yang bisa masuk ke tempat pendaftaran atau dalam lingkungan kantor KPU setempat. (NOMO/MAN)

subscribe