Headline News

Jembatan Penghubung Bangkep-Balut Masuk Agenda Rakor Gubernur 2022

Rakorgub Virtual (Humas Sulteng)

PALU, KABAR BENGGAWI – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas gelar Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) Se-Sulawesi dan Provinsi NTB dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 secara virtual, Selasa (23/2).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Ir. H. Suharso Monoarfa menyampaikan Rakorgub dilaksanakan dalam rangka penyusunan RAPBN 2022.

“Saya mohon para gubernur memberikan perhatian pada fokus RKP Tahun 2022,” sebut Pria Kelahiran Mataram NTB, dengan menyebutkan Tema dan Prioritas Nasional RKP 2022 adalah Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural.

Menurutnya, Faktor penghambat pertumbuhan ekonomi antar pemerintah daerah sangat bervariasi, untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terletak di sektor Infrastruktur.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah melalui Pj. Sekretaris Daerah Prov. Sulawesi Tengah H.Mulyono,SE,Ak,MM menuturkan ada tiga usulan major project prioritas Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022.

“Pengelolaan terpadu UMKM, Pemulihan Pasca Bencana serta Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk Industri 4.0,” kata Pj. Sekda.

Ia pun menyampaikan Usulan Proyek Baru dalam mendukung Major Project Sulawesi Tengah Tahun 2022, diantaranya :

1. Penyusunan Studi dan Perencanaan Pembangunan Jalan Tol Tambu-Kasimbar, Kab. Donggala-Parimout, beserta dengan pembangunan Pelabuhan Ferry dan Politeknik Perikanan di Tambu yang dapat melayani arus barang dari perairan Halmahera Barat melalui Teluk Tomini menuju Kasimbar dan Tambu menuju IKN melalui Ferry. Jarak tempuh Ferry Tambu-IKN mencapai 8 jam.

2. Penyusunan studi dan perencanaan pembangunan jembatan Halimun yakni jembatan yang terpadu dengan sumber energy listrik arus laut melewati selat Kalumbatan yang menghubungkan antara Sambiut Kab. Bangkep dan Lokotoy Kab. Balut. Lebih lanjut, jika rencana jembatan Halimun telah terealisasi akses ke Prov. Malut dan Sulut akan lebih muda sebab dengan adanya Bandara Udara Banggai nantinya akan menjadi penghubung ketiga Prov tersebut.

Disisi lain Pelabuhan Banggai juga dapat menjadi pelabuhan hubungan menuju Kab. Kepulauan Sula dan Taliabu Prov. Malut dan Sulut dan Sultra.

3. Pembangunan Jalan Nasional Baturube, Kab. Morut-Kolonodale Kab. Morut melalui jantung Pulau Sulawesi yang dapat melayani Poros Morut dan Morowali menuju Sultra, terpadu dengan jalan Prov.Poros Kolonodale, Kab.Morut-Tayawa, Kab.Touna.

Turut mendampingi Plt.Ka.Bappeda Prov.Sulteng Ir.Moh.Faizal Mang,MM serta Ketua Tim RPJMD Gubernur Sulawesi Tengah Terpilih (Rusdi Mastura/Ma’mum Amir) Moh.Ahlis Djirimu,SE,DEA,Ph.D. *(Humas Protokol)