Pencairan DD Tahap I Bertahap

Kabid Pemerintahan Desa, Moh Yamin (Foto:Purnomo Lamala/ KabarBenggawi)

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Triwulan I tahun 2021 segera berakhir. Namun, Program yang dibiayai Dana Desa (DD) belum juga terlaksana.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas PMD-P3A Kabupaten Banggai Laut, Moh Yamin menjelaskan, DD tahap satu telah dikucurkan oleh pemerintah pusat. Untuk Banggai Laut telah mencapai 63 desa. DD yang dikucurkan tersebut merupakan dana percepatan penangaan Covid-19 di Desa. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negera (KPPN) mencairkan DD tahap satu ini secara bertahap. “Tiga kali pencairan,” Jelas Yamin saat ditemui KabarBenggawi, Jumat (19/3).

Dana percepatan penanganan Covid-19 dicairkan 8 persen kewajiban Desa dari pagu anggaran masing-masing. Setelah pencairan Dana Covid-19, kata dia. selanjutnya dicairakan lagi dana reguler. “Untuk dana reguler baru 23 Desa yang kami usulkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dari 40 persen pencairan DD tahap satu, dana Bantuan Tunai Langsung (BLT) dicairkan 2 kali. “Misal BLT 5 Bulan pertama, tetapi dicairakn 3 Bulan dulu nanti sisanya 2 bulan,” ungkapnya.

Menurut Yamin tahapan pencairan DD yang saat ini merupakan kewenangan KPPN. “Jadi dananya tidak mengendap direkening,” jelasnya.

23 Desa yang diusulakan oleh pihak PMD dan P3A adalah Desa yang telah melakukan verifikasi didalam sistem. “23 desa itu tersebar di 7 kecamatan, tapi lebih banyak di kecamatan Banggai,” imbuhnya.

Perlu diketahui DD tahap pertama untuk dana percepatan penanganan Covid-19 di 63 Desa yang telah berada di rekening telah mencapai 4,5 Milyar rupiah dan untuk dana reguler 23 desa yakni 5.3 Milyar rupiah. (NOMO)

Baca juga :  Ditinggal Penutur Muda, Bahasa Banggai Terancam Punah
error: Content Kami Lindungi !!!