Jelang STQH Bupati Sofyan “Siloloa” ke Makam penyebar Agama Islam di Kerajaan Banggai

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Jelang pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) tingkat Provinsi Sulteng ke-XXVI, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa didampingi Basalo Sangkap dan Sekretaris Tumondo melakukan ziarah ke makam Kakai Tandualang, Minggu (22/08).

Bupati Sofyan menjelaskan, Kakai Tandualang merupakan salah satu tokoh spritual batumondoan Banggai dalam penyebaran islam di kerajaan Banggai.

“Ziarah ke makam ini bertujuan untuk Siloloa atau pamitan dengan pembawa agama islam di tanah Banggai,” kata Bupati.

Kakai Tandualang adalah bagian dari sejarah pertama masuknya agama islam di Banggai, sehingga patut untuk berpamitan. “Tandualang bagian dari sejarah peradaban Islam di kerajaan Banggai,” tuturnya.

Pelaksanaan pembukaan STQH nantinya akan menampilkan tarian kolosal dengan tema masuknya agama islam di kerajaan Banggai.

“Pada saat pembukaan STQH tarian kolosalnya akan menceritakan tentang masuknya agama islam di kerajaan Banggai,” ungkapnya.

Diketahaui sebelumnya, berdasarkan rapat yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulteng, Faisal Mang.
Bahwa STQH Tingkat Provinsi Sulteng bakal digelar secara virtual pada tanggal 27 hingga 30 Agustus 2021 mendatang.

“Mengingat kondisi saat ini belum stabil untuk menggelar acara secara tatap muka,” ujar Faisal.

Nantinya, pelaksanaan pembukaan dan penutupan di Kabupaten Banggai Laut tetap akan dihadiri oleh Kafilah Kabupaten/Kota maksimal 3 orang yang terdiri dari unsur Bagian Kesra, Kementerian Agama dan LPTQ.

Sedangkan untuk jadwal lomba, kata dia, pencabutan nomor tampil, pencabutan maqra akan dilakukan secara virtual oleh panitia penyelenggara STQH.

“Sebelum acara digelar, akan dilakukan geladi virtual, tes jaringan serta penyampaian link zoom dan meeting ID pada tanggal 24 Agustus,” jelasnya.

Ia juga menghimbau agar setiap Kabupaten/Kota menyiapkan jaringan yang mendukung pada 5 titik lokasi untuk pelaksanaan lomba secara virtual, menyiapkan 5 akun link zoom sesuai jumlah cabang lomba dan menyiapkan peralatan seperti laptop, earphone, mic dan alat lainnya dengan spesifikasi yang mendukung. *NOMO

Baca juga :  Tinggal Selangkah Lagi, Kapal Ferry Akan Masuk di Bokan Kepulauan
error: Content Kami Lindungi !!!