Tinggal Selangkah Lagi, Kapal Ferry Akan Masuk di Bokan Kepulauan

KMP. Tanjung Api saat sandar di Pelabuhan Banggai (Purnomo Lamala/ KabarBenggawi)

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Pemerintah Kabupaten Banggai Laut (Balut) melalui Dinas Perhubungan saat ini telah mengupayakan kapalĀ  Ferry KMP. Tanjung Api akan menambah rute lintas ke Desa Kaukes Kecamatan Bokan Kepulauan. Upaya Pemda ini tertuang pada surat permohonan Bupati Nomor : 550/615/DISHUB/2021 tentang peninjauan tempat sandar kapal yang dilaksanakan hari ini Senin (18/10/2021) di Desa Kaukes Kecamatan Bokan Kepulauan.

Kepala Dinas Perhubungan Aswin Musa mengatakan, hari ini kapten kapal Ferry KMP. Tanjung Api telah menuju Desa Kaukes untuk meninjau langsung pelabuhan apakah layak disinggahi atau tidak.

“Tadi kapten bersama anggotanya sudah menuju Desa Kaukes melihat langsung pelabuhan apakah bisa bersandar kapal Ferry atau tidak,” terangnya.

Untuk jalur lintasan yang diusulkan pihaknya, kata Aswin, dari Banggai menuju Kaukes langsung ke Bobong Kabupaten Pulau Taliabu, begitu pun jalur baliknya, Bobong, Kaukes dan Banggai.

“Ini semua masih tahapan pengusulan, jika disetujui maka akan mulai beroperasi tahun 2022 mendatang,” ucapnya.

Untuk tahun 2022 juga, ujar Aswin rute Banggai-Boniton akan ditambah. “Sekarang Banggai – Boniton baru dua kali, tahun depan akan ditambah lagi satu, jadi satu minggu tiga kali beroperasi,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Donny Siwy yang saat ini berada di Jakarta saat dihubungi KabarBenggawi ia mengatakan, terkait tambahan rute ke Bokan Kepulauan pihaknya telah mempersentasikan ke Kementerian Perhubungan melalui Zoom Meeting beberapa waktu lalu.

“Semua syarat pendukung kami sudah penuhi, sekarang ini saya ada di Kemenhub untuk push rute tambahan rute KMP. Tanjung Api ke Bokan Kepulauan,” ungkapnya. MAN

Baca juga :  Malabot Tumbe, Bupati : Masyarakat Banggai, Bangkep dan Banggai Laut Sejatinya Bersaudara
error: Content Kami Lindungi !!!