Headline News

Hari Kesehatan Nasional, Semangat Hidup sehat terus Digalakan

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasonal (HKN), UPT RSUD Banggai melaksanakan pengabdian masyarakat dan lomba kebersihan halaman.

Direktur UPT RSUD Banggai, dr.Julita Petun mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya untuk mengkampanyekan gerakan hidup sehat apalagi ditengah pandemi Covid-19. “Serta memberikan penghargaan kepada pegawai yang berdidakasi selama ini,” ujar dr. Jupe sapaanya.

Meski pandemi covid-19, dr. Julita berharap semangat untuk gerakan hidup sehat itu harus terus digalakan, walapun pandemi menjaga jarak namun tidak menjarakan silaturahmi. “Dengan kelelahan tenaga medis, kita tidak boleh melunturkan semangat untuk tetap melayani,” tuturnya.

Baca juga :  22 Milliar APBD Banggai Kepulauan Habis di Aplikasi Trading

Saat ditanya terkait kesiapan tenaga medis, Ia menjelaskan, RSUD masih memiliki kekurangan dokter kandungan dan dokter spesialis anak, memang ditengah pandemi covid-19 saat ini banyak dokter yang masih enggan untuk berpraktek diluar daerahnya, namun pihak Pemkab Balut telah berusaha menjajal kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Makassar. “Akan ada tim visitasi dari Unhas untuk menindaklanjuti kerjasama UPT RSUD Banggai,” pungkasnya.

Baca juga :  Pansus DPRD Banggai Laut Kritisi LKPJ Bupati 2023

Sekretaris Daerah, Ruslan Tolani menuturkan, dengan memperingati HKN, Banggai Laut juga nol terkonfirmasi positif Covid-19, memang untuk saat ini fokus Pemkab dan stakholder adalah percepatan vaksinasi, hingga saat ini Banggai Laut turun ke level dua PPKM dan berdasarkan data 48 persen masyarakat telah tervaksin.

“Saya sudah koordinasi akan diberikan penghargaan kepada Puskesmas yang telah mencapai 50 persen vaksinasi,” kata Sekda Ruslan.

Baca juga :  Pansus DPRD Banggai Laut Kritisi LKPJ Bupati 2023

Target yang telah dicapai merupakan peran penting dari Satgas Covid-19 jika tanpa peran Satgas mungkin target-target tidak akan tercapai.

Selain itu juga, ia memberitahukan akan ada pesona festival malabot tumbe yang bakal digelar 4 sampai 8 Desember 2021. NOMO