EkonomiHeadline News

PAD Hanya 14 Juta, Komisi III Soroti Kinerja Dinas Perikanan

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaaten Banggai Laut (Balut) menyoroti kinerja Dinas Perikanan, pasalnya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diproyeksikan begitu kecil, padahal tumpuan dari semua PAD yang ada di Kabupaten paling timur Sulawesi Tengah itu berada di perikanan dan kelautan.

“Masa kita daerah penghasil ikan tapi PAD perikanan minim, alasannya dari dulu karena tidak ada TPI, tapi tidak pernah dibangun,” tegas Alauddin H Ilyas saat rapat kerja, Selasa (7/6/2022).

Baca juga :  93 Calon Paskibraka Ikut Tes Kesehatan

Ia menilai Dinas Perikanan tidak becus memaksimalkan atau mencari sumber PAD lainnya dibidang Perikanan, padahal selama ini perikanan jadi motor penggerak PAD. “Itu sumber pendapatan besar, alasanya retribusi TPI pelabuhan sudah dilarang BPK dan dijadikan temuan,” ujarnya.

Tidak hanya TPI, Alauddin juga menyoroti Balai Benih Ikan (BBI) selama ini tidak pernah menghasilkan produk jual yang ekonomis. BBI harus berbenah jika benih yang dihasilkan tidak memiliki nilai jual diharapkan agara segera diganti, misalnya dengan bibit udang vaname. “Hanya bibit terus tapi tidak jelas dikemanakan,” tuturnya.

Baca juga :  Bupati Sofyan : Silaturahmi Penting Untuk Membangun Daerah

Menanggapi kritikan dari legislatif, Sekretaris Dinas Perikanan Rusdi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok TPI di kawasan Mato, “Kita telah melakukan pembebasan lahan sekitar 5 Ha,” ujarnya.

Untuk BBI Rusdi Ali menilai secepatnya agar kinerja manajemen BBI harus ganti polanya kerjanya sebab selama ini manajemennya masih terkesan seperti kantoran ketika BBM habis anggaran yang diminta masih menunggu dibuatkan SPP.

Baca juga :  Cegah Terjadinya Tindak Pidana, Usai Lebaran Polres Banggai Patroli Dalam Pasar Simpong

“Ketika mengusulkan anggaran pertahun di BBI 75 juta biasanya cuman 35 juta realisasinya, itu saja operasional masih sangat kurang,” ujar Rusdi.

Perlu diketahui selama enam bulan atau akhir triwulan II berjalan tahun 2022 PAD Dinas Perikanan dari BBI dan cold storage PPI kawasan Mato hanya 14 juta rupiah. Nomo/adv