EkonomiHeadline News

PAD Tak Capai Target, DPRD Minta Pemkab Maksimalkan Retribusi

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Upaya memaksimalkan Pandapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Banggai Laut memang perlu menjadi perhatian semua pihak, pelbagai persoalan dilapangan menjadi tantangan bagi pemangku kebijakan.

“Kita perlu tata kembali potensi yang bisa menjadi pemasukan daerah, masa kita dikenal daerah penghasil ikan namun kenyataan hasilnya berbanding terbalik,” jelas Wakil Ketua I DPRD Patwan Kuba saat melakukan monitoring retribusi packing ikan di kawasan pelabuhan rakyat Banggai, Selasa (15/8/2023).

BACA JUGA :  Kejari Balut, Musnakan 43 Barang Bukti

DPRD menyoroti kerja dinas Perikanan yang hingga saat ini masih belum memaksimalkan PAD di sektor tersebut, “Semestinya hari ini ada orang Dinas Perikanan,” katanya.

Selain retribusi perikanan di pelabuhan, DPRD minta Dinas Koperindag agar menertibkan pedagang di area Pasar Baru yang hingga saat ini masih belum dimaksimalkan proses pembagian stan penjualan.

BACA JUGA :  OJK Perbolehkan Pinjaman Pinjol Maksimum Rp10 Miliar

“Pedagang yang berada di kawasan saat masuk sebelah kiri, itu kan tidak ba setor retribusi, nah ini perlu diatur, biar ada keadilan dengan pedagang yang di dalam,” ujarnya.

Tak hanya menyoroti kerja Dinas Perikanan yang melempem memacu PAD, lembaga legislatif berecana bakal Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah Dinas yang bisa memaksimalkan PAD.

BACA JUGA :  Gawat! Berakhir Masa Tugas, Pj Bupati Banggai Kepulauan Terjadi Kekosongan ?

“Banggai Laut kemarin saat LKPD 2022 di Provinsi di cecar soal PAD yang tidak mencapai target, nah ini perlu perhatian Dinas teknisnya,” ucapnya.

Monitoring itu juga dihadiri sejumlah anggota DPRD antara lain H. Alaudin H. Ilyas, Laongke, Lahami, Mursalam, Ardianto Agus Salim serta ODP terkait Dinas Koperindag, Badan Pendapatan Daerah dan Dinas Perhubungan.

Penulis : Nomo
Editor :-