AdvertorialSosial Budaya

Rakor Evaluasi Pelaporan dan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Banggai Laut menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Serta Evaluasi Pelaporan Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Rembuk Stunting di Hotel Carabella, Rabu (30/8/2023).

“Tujuan kegiatan ini agar semua kepala OPD, Camat dan Kepala Desa dan stakeholder yang tergabung agar melaksanakan aksi yang telah ditetapkan sesuai dengan peran dan tugas fungsi masing-masing agar sinergitas dan kolaborasi tercipta,” jelas Ketua Panitia Rahmat Abd Karim dalam pelaporanya.

BACA JUGA :  2 Kali ke RSUD Luwuk, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Besuk Kembali Wagub Mamun Amir

Para peserta juga, kata Rahmat, akan terlibat dalam upaya rembuk stunting nantinya.

“Narasumber kami ada kepala Bappeda, Dinas PMDP3A, dan Dinas Kesehatan,” ujar dia.

Ia mengatakan hasil yang diharapkan pada kegiatan tersebut ada perhatian spesifik pada calon pengantin, ibu hamil,menyusui dan balita perlu upaya berkelanjutan dalam pemenuhan gizi spesifik dan gizi sensitif dengan perpaduan lintas sektor.

BACA JUGA :  Gawat! Berakhir Masa Tugas, Pj Bupati Banggai Kepulauan Terjadi Kekosongan ?

“Diantaranya pembangunan sanitasi, air bersih, penyediaan pangan yang bergizi,” ungkapnya.

Rembuk stunting ini sesuai dengan Perpres Nomor 72 Tahun 2021 yang telah menetapkan 5 pilar strategis nasional percepatan penurunan stunting, yakni peningkatan komitmen dan visi pemerintah, peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat, peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan intervensisensitif, peningkatan ketahanan pangan dan gizi serta penguatan pengembangan sistem data, informasi riset dan inovasi.* ADV

BACA JUGA :  Gubuk Tua dan Janda tiga Anak Hidup Memprihatinkan

Penulis : Nomo
Editor :-