Headline News

Perlahan Akselerasi Program Satu Data Banggai Laut

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Keseriusan untuk mendorong layanan satu data Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Laut perlahan mulai dilaksanakan, keseriusan itu terlihat ketika menindaklanjuti keputusan Bupati tentang pembentukan Forun Satu Data Indonesia tingkat Banggai Laut.

“Saya mewakili Wakil Bupati Banggai Laut menyampaikan penekanan terkait kesepakatan seluruh pimpinan Organisas Pimpinan Daerah (OPD) untuk melaksanakan Peraturan Bupati Banggai Laut Nomor 21 tahun 2022 tentang Satu Data Indonesia Tkt. kabupaten Banggai Laut,” jelas Staf ahli bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Waode Musnin saat rapat perdana forum satu data Indonesia, Jumat (15/9/2023).

Ia menuturkan, tindak lanjut tersebut juga sesuai dengan keputudan Bupati Banggai Laut yang bernomor : 800.05/362/Diskominfo/2023 tentang Pembentukan Forum Satu Data Indonesia di Kabupaten Banggai Laut tahun 2023.

BACA JUGA :  Gawat! Berakhir Masa Tugas, Pj Bupati Banggai Kepulauan Terjadi Kekosongan ?

Dalam kesempatan yang sama, Ketua forum satu data Banggai Laut Rasyid Pandei menaruh harapan agar membangun komitmen secara bersama-sama untuk melakukan kolaborasi sesama anggota forum dan semua produsen data pemerintah.

“Ini sebagaimana amanat Perpres 39 tahun 2019,” ujar Rasyid yang juga Kepala Bappeda.

Rapat perdana itu juga mereka (anggota forum-red) bersepakat membangun komitmen bersama untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut demi terwujudnya Satu Data Banggai Laut.

Perlu diketahui forum satu data merupakan media untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan permasalahan terkait penyelenggaraan SDI di tingkat Banggai Laut.

Satu data Indonesia Kabupaten Banggai Laut adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah daerah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah sehingga pemanfaatan data pemerintah tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

 

Penulis : Tim Liputan Diskominfo Balut
Editor : Nomo