Headline NewsPendidikanSulteng

BPOM Sulteng Gelar Advokasi Ketahanan Pangan Terpadu di Banggai Laut

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Advokasi Program Nasional Ketahanan Pangan Terpadu, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan yang bertempat di hotel Carabella itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Banggai Laut Ablit H. Ilyas.

Dalam sambutannya Wabup Ablit menyampaikan apresiasi kepada BPOM Sulawesi Tengah yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, sebab ketahanan pangan merupakan salah satu pilar pembangunan daerah, Wabup Ablit memberikan contoh, salah satu pangan yang dibutuhkan adalah protein, di Banggai Laut, kata dia, sumber protein terbesar yaitu Ikan laut.

“Saya ingin menyampaikan sering-seringlah ke Banggai Laut, dengan hadirnya BPOM menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPOM Sulawesi Tengah Mardianto mengatakan, pangan yang cukup merupakan komponen dasar untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

 

Melalui forum Advokasi ini, Ia berharap dapat membangun komitemen dari pemerintah daerah dan lintas sektor terkait untuk mengawal jalannya program di desa, pasar dan sekolah, yang rencananya pihak BPOM akan mengintervensi.

“Adapun desanya yakni, Desa Tinakin Laut, Tintingo, Posos Lalong, dan juga SMAN 1 Banggai, SMP N 1 Banggai, SMP 2 Banggai, SMP Alkhairat, SDM Dodung, SDN Potil Pololoba, SD Pembina Banggai, MIN Banggai Laut dan Pasar Baru,” ujarnya.

“Sesuai kesepakatan kita akan melakukan Advokasi di awal,” sambungnya.

Ia menambahkan dengan kegiatan tersebut dapat terjalin koordinasi dan sinkronisasi hasil program keamanan pangan, sehingga nantinya masyarakat mendapatkan intervensi keamanan pangan.

“Yaitu dari sisi suplay dan demand,” pungkasnya.

 

Penulis : Nomo
Editor : –