EkonomiHeadline News

Bukan Karena Desakan, Bulan Ini PPPK Bakal Terima Gaji Rapel, Plus Gaji 13

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Proses yang begitu panjang untuk melengkapi dokumen dan sistem keuangan membuat keterlambatan penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) TA 2023 yang telah menerima SK pada 6 Mei 2024 lalu.

Dalam proses dokumen kelengkapan PPPK berbagai perincian dilakukan sebab dalam proses verifikasi perlu pengecekan satu persatu baik perincian gaji maupun tunjangan istri dan anak.

BACA JUGA :  Sekretaris direktorat Jenderal Pemasyarakatan Bersama Bupati, Letakan Batu Pertama Pembangunan Lapas

Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banggai Laut Hasbullah Talaba menjelaskan pembayaran gaji PPPK menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum Spesific Grant (DAU SG).

Hal ini membuat berbeda dengan DAU pada umumnya yang digunakan PPPK yang telah terangkat di tahun sebelumnya.

Jika DAU pada umumnya, Pemerintah Pusat melakukan transfer setiap bulan. DAU SG berbeda, oleh Pemerintah Pusat DAU SG ditransfer setelah dilakukan pelaporan dan verifikasi berjenjang oleh Kemenkeu.

“Regulasi pola pengelolaan keuangan sekarang ini berbeda dengan pola pengelolaan tahun sebelumnya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Peduli, Bupati Sofyan Kaepa Rela Sisipkan Anggaran Perjalanan Dinasnya untuk Baksos Operasi Katarak Warga

Ia memaparkan prosesnya, setelah data PPPK rampung diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten. Data itu lalu diajukan ke Kemenkeu. Namun, setelah itu tidak merta-merta langsung dilakukan transfer oleh Kemenkeu tapi dilakukan verifikasi kesesuaian data kembali.

Hasbullah menambahkan saat ini data itu telah rampung diselesaikan pihaknya dan dalam waktu dekat Ia pastikan gaji PPPK akan segera dibayarkan beserta tunjungan.

“Ini bukan karena desakan, tapi proses yang membuat keterlambatan penggajian PPPK,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati Sofyan Kaepa Buka Bimtek Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha

“Alhamdullilah karena rekomendasi penyaluran dari Kemenkeu di Sistem Informasi Keuangan Daerah atau SIKD sudah ada dan rekomendasinya dari bulan April, Mei, Juni dan Juli serta gaji ke-13,” katanya.

“Insyah Allah di akhir bulan atau awal bulan akan segera di salurkan oleh Kemenkeu,” pungkasnya.

Penulis : Nomo/Man