EkonomiHeadline News

PAD Dikebut, TPI Mato Kini Dikelola Pemkab Banggai Laut

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di kawasan Mato, Banggai Laut yang dulu operasionalnya dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kini telah resmi beralih operasional pengelolaan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Laut. Hal Itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Sumarto Lalu.

“Iya, sudah sah pengelolaan operasionalnya milik Pemkab Banggai Laut, ini tinggal menunggu seremonial penyerahan,” kata Sumarto kepada jurnalis KabarBenggawi di Kantor Bupati seusai mengikuti upacara HUT Bhayangkara, Senin 1 Juli 2024.

Dengan resminya beralih, kata dia. Pastinya Pemkab Banggai Laut memiliki hak legal untuk melakukan menarikan retribusi kepada pengusaha ikan yang menggunakan fasilitas di TPI Mato.

“Jadinya sudah tidak takut lagi temuan, jika ingin menarik retribusi,” ucap pejabat yang luwes dengan wartawan ini.

Meski begitu hingga saat ini, Ia mengaku untuk biaya penarikan retribusi masih terus dibicarakan.

“Kemarin sudah rapat, nanti biayanya pelan-pelan saja dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sofyan Kaepa menyampaikan saat ini ruas jalan menuju TPI Mato tengah dilakukan perbaikan sebab akses ruas jalan yang baik sangat membantu untuk bongkar-muat hasil perikanan.

BACA JUGA :  Gawat! Berakhir Masa Tugas, Pj Bupati Banggai Kepulauan Terjadi Kekosongan ?

“Operasionalnya TPI Mato kini sudah jadi milik Pemkab Banggai Laut, saat ini ruas jalan sedang dikerjakan sekitar 6 miliar,” kata Bupati di saat penyerahan SK Pj Kepala Desa Bolitan Banggai Utara.

Dengan adanya peralihan kepemilikan operasional kawasan TPI Mato diharapkan Pendapat Asli Daerah (PAD) khususnya perikanan bisa terus tumbuh signifikan.

Penulis : Nomo