Headline News

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Bangkep Launching Inovasi Metroku

Launching Inovasi Metroku [Foto: Ist]

 

BANGKEP, KABAR BENGGAWI – Guna menata kawasan permukiman kumuh di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Dinas perumahan kawasan permukiman dan pertanahan (Disperkimtan) Bangkep melaunching inovasi membangun semangat gotong royong bersih-bersih kawasan kumuh (Metroku), Kamis (24/09).

Dalam kegiatan itu tampak hadir Sekretaris daerah Bangkep, Rusli Moidady, sejumlah pejabat di lingkungan Disperkimtan, kades Tatakalai, beserta masyarakat desa Tatakalai yang akan di relokasi.

Kepala Dinas Disperkimtan Bangkep Rachman Hasan selaku reformer mengatakan, rencana perubahan kawasan kumuh ini akan dilaksanakan di desa Tatakalai Kecamatan Tinangkung Utara.

“Tujuannya pertama menata kawasan kumuh menjadi lebih baik, kedua relokasi masyarakat yang bermukim di pinggiran pantai atau pemukiman liar, yang ketiga menjaga kebersihan pantai, yang keempat menjaga ekosistem mangrove,” ucap Rachman Hasan saat dihubungi Kabar Benggawi via telephone.

Rencana Pembangunan Rumah Relokasi di Desa Tatakalai [Design: Disperkimtan Bangkep]

Baca juga :  BREAKING NEWS : Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut

Saat relokasi nantinya, kata Rachman pemukiman nelayan yang saat ini akan di pindahkan di dekat titian yang telah dibangun, “Kami sudah siapkan air bersih, listrik dan kebutuhan lainnya saat relokasi,” tutur Alumni Yogyakarta tersebut

Lebih lanjut, Ia mengatakan setelah relokasi kawasan pemukiman tersebut pihaknya akan buatkan penguatan yang di tandatangani oleh Bupati setelah itu pihaknya akan ke Balai perumahan SNVT Provinsi agar mendapatkan bantuan peningkatan kwalitas perumahan rakyat.

“Nantinya kami akan ke Balai Perumahan SNVT provinsi agar pihak provinsi bisa memprogramkan bantuan rumah melalui Program Bantuan stimulan perumahan swadaya atau BSPS,” ungkapnya. (NOMO/MAN)

PPNI Banggai Laut