Investor Siap Bangun Pabrik Singkong di Balut

Penandatanganan kerjasama Bupati Sofyan Kaepa dan PT Borneo Cemerlang (Foto: Ist)

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Petani Banggai Laut boleh terseyum. Dibawah kepemimpinan Bupati Sofyan Kaepa dan Ablit. H Ilyas telah berhasil mendatangkan dan meyakinkan investor bidang pertanian membangun pabrik pengolahan singkong menjadi tepung tapioka. Investor yang berhasil diyakinkan Bupati Sofyan untuk berinvestasi di Banggai Laut yakni PT Borneo Cemerlang.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banggai Laut, Adung Abdurahman Mengungkapkan, pada tahap pertama saat ini yang diterima untuk diolah menjadi tepung tapioka adalah semua jenis singkong dan apa yang ada di Petani, tetapi secara bertahap kedepannya akan digunakan varietas yang lebih bagus. “Supaya petani tidak repot cari bibit,” jelas Adung, Jumat (19/3).

Penanam singkong nantinya, secara persyaratan teknis akan dibimbing mulai dari proses penanaman, waktu panen hingga proses penjualan yang disesuaikan dengan harga singkong Internasional. “Intinya Petani tidak dirugikan,” katanya.

Berbagai persoalan yang terjadi di petani salah satunya yakni persoalan harga jual tetapi menurut Adung harga Ubi kayu akan mengacu pada harga pasar dunia atau CPO Amesterdam. “Harga Ubi kayu basah disesuaikan dengan harga di Bangkok, Thailand,” jelasnya.

Nantinya, kata Adung Pemerintah dan perusahaan akan menyediakan harga penyangga ditingkat petani untuk menjaga apabila harga pasar singkong ditingkat dunia anjlok. “Harga ini akan menyelamatkan petani jika harga pasaran ubi kayu coleps,” bebernya.

Untuk penentukan harga Pemerintah dan Perusahaan akan membuat tim khusus untuk menentukan harga penyangga tersebut dan disesuaikan harganya. “Ada tim yang menyesuakan dengan harga di Bangkok,” tuturnya.

Harga yang telah disepakati merupakan harga yang telah berada dititik kumpul dan singkong yang telah selesai dipanen diangkut oleh perusahaan menggunakan mobil. “Biaya transportasi akan di tanggung oleh Perusahaan,” imbuhnya.

Baca juga :  Presiden Jokowi: Mari Utamakan Keselamatan Bersama dengan Tidak Mudik

Sebelumnya pemerintah dan pihak investor telah melakukan survei kualitas singkong dan ketersediaan lahan penanaman. Selain Kabupaten Banggai Laut sebelumnya PT Borneo Cemerlang telah berinvestasi pada bidang yang sama di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya Bupati Sofyan menyampaikan telah menandatangani nota kesepahaman dengan investor tentang pembuatan pabrik singkong, “Dengan adanya pabrik ini insya allah hasilnya kita bisa ekspor langsung ke Cina,” ungkapnya. (NOMO)

error: Content Kami Lindungi !!!