Headline NewsNasional

Ruslan Tolani : Saya Sudah Siap Administrasi

Kita Semua Berpeluang

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Bursa calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai Laut terus bergulir di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). ada beberapa Kandidat yang disebut-sebut kuat di bursa calon Sekda termasuk Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Ruslan Tolani.

Ruslan Tolani, juga dikabarkan telah menyiapkan berkas untuk masuk ke bursa calon Sekda. “Berkasnya telah saya siapkan ini,” ujarnya, Senin (22/3).

Ditemui media ini Ruslan mengatakan, jabatan sekda perlu mekanisme seleksi yang tidak mudah, dari mulai pangkat, golongan dan syarat penjenjangan dan ada beberapa pejabat di lingkungan pemerintah Banggai Laut telah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi.

BACA JUGA :  Sekretaris direktorat Jenderal Pemasyarakatan Bersama Bupati, Letakan Batu Pertama Pembangunan Lapas

“Ada beberapa teman-teman yang sudah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi, kita semua berpeluang,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Sofyan Kaepa menuturkan, tengah mengurus berkas pengusulan jabatan Sekda.

“Tak lama lagi kita akan memiliki Sekda yang baru, saya sedang mengurus berkasnya,” ujar Bupati saat memberikan sambutan serah terima Speedboat dari Dinkes Provinsi pekan lalu.

BACA JUGA :  Timwas Haji Minta Selidiki, Pengalihan Setengah Kuota Tambahan Haji Reguler 2024

Berdasarkan Perpres Nomor 3 tahun 2018 calon Sekda diangkat dari pegawai negeri sipil yang memenuhi persyaratan:

a. menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIa untuk penjabat sekretaris daerah provinsi atau menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIb untuk penjabat sekretaris daerah kabupaten;

b. memiliki pangkat paling rendah pembina utama muda golongan IV/c untuk penjabat sekretaris daerah provinsi dan pangkat pembina tingkat I golongan IV/b untuk penjabat sekretaris daerah kabupaten.

c. berusia paling tinggi satu tahun sebelum mencapai batas usia pensiun.

BACA JUGA :  Polsek Banggai Berkurban

d. mempunyai penilaian prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam dua tahun terakhir;

e. memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; dan

f. tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan/atau berat.

Selanjutnya Bupati Sofyan mengusulkan secara tertulis satu calon penjabat sekda kepada gubernur Sulteng paling lambat lima hari kerja terhitung sejak sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas atau terjadinya kekosongan sekda kabupaten. MAN