Headline NewsSulteng

Peringatan May Day, Pj.Sekda ingatkan Pengusaha membayar Tunjangan Hari Raya ke Para Pekerja/Buruh

PALU, KABAR BENGGAWI -Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah gelar Peringatan Hari Buruh Internasional May Day Tahun 2021 sekaligus buka puasa bersama, bertempat di Hotel Swiss-belhotel Palu, Jumat (30/4).

Kesempatan tersebut, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Mulyono,SE,Ak,MM menyampaikan dunia usaha dan masyarakat pekerja memiliki kontribusi yang besar dalam memutus rantai penularan COVID-19.

Jumlah pekerja, mobilitas dan interaksi dalam aktivitas pekerja cukup besar dan apabila dilakukan mitigasi dan menyiapkan tempat kerja yang aman, maka pemutusan mata rantai penularan dapat terwujud.

BACA JUGA :  Gubernur Rusdy Mastura Serahkan Hasil Studi Kelayakan Pemekaran 3 Kabupaten di Banggai

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan dan pencegahan COVID-19 di tempat kerja, diberikan apresiasi penghargaan oleh pemerintah daerah,”tuturnya.

Atas pengcapaian itu, Ia mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja.
Menurutnya, masa pandemi COVID-19 merupakan momentum bagi pengusaha dan pekerja untuk memahami tentang pentingnya perlindungan pekerja dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Untuk mencegah terjadi lonjakan Positif COVID-19 di Sulawesi Tengah, Ia berpesan agar pekerja/buruh menunda aksi kegiatan turun jalan dalam memperingati May Day.

BACA JUGA :  Bupati Amirudin Beberkan Keadaan Terkini Wagub Mamun Amir Pasca Dilarikan ke Rumah Sakit

Ia juga menghimbau agar para pengusaha mendukung penuh pelaksanaan Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Layanan BPJS Ketenagakerjaan dengan mendaftarkan pekerja.

“Moment Inpres ini merupakan spirit dan semangat kita untuk bekerjasama dalam memberikan perlindungan sosial secara adil, luas dan merata kepada masyarakat,”sebutnya.

Sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh dan keluarganya dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Ia pun mengingatkan para pengusaha agar membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja/buruh sebelum H-7.

“Apabila ada perusahaan-perusahaan yang belum memberikan THR agar para pekerja/buruh mengadu pada Posko THR yang telah terbentuk di Dinas Nakertrans,”pungkasnya.

BACA JUGA :  Siap-Siap Petani! Sulteng akan Ekspor Durian ke Tiongkok

Kegiatan diawali dengan penyerahan sembako secara simbolis sebanyak 200 paket dan Pembawa Hikmah Ramadhan Ustaz Ardian.

Nampak hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Arnold Firdaus,MTP, Kabid Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sulteng Joko Pranowo, Korwas PPNS Polda Sulteng, Anggota Dewan Pengupahan Prov.Sulteng, Ketua APINDO Prov.Sulteng, Kadis Nakertrans (Palu, Donggala dan Sigi), Ka.BPJS Ketenagakerjaan Cab.Palu, Ka.BPJS Kesehatan Cab.Palu, K.SPSI,K.SBSI,Korwil SBSI,F.SPNI,F.NPBI.

*Ro.Adm.Pimpinan*