Headline NewsNasional

Masyarakat Kota Banggai Shalat Idul Fitri Di Taman Kota

Foto Rapat DiPimpin Oleh Wakil Bupati Abli H. Ilyas.

BALUT, KABAR BENGGAWI – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan terkait pelaksanaan ibadah di tengah pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut dijelaskan pada rapat yang dihadiri Wakil Bupati Banggai Laut, Ablit H. Ilyas, SH dan juga Pj. Sekretaris Daerah, H. Ramli bersama Kemenag dan juga beberapa pihak terkait di Ruang Rapat I, Kamis (6/5/2021).

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Sapi Kurban Iduladha 1445 Hijriah

Kebijakan penyelenggaraan shalat Idul Fitri 2021 dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 04 Tahun 2021. Kemenag menetapkan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka.

Dalam Surat Edaran tersebut, dijelaskan bahwa Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan COVID-19 mengalami peningkatan berdasarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk seluruh wilayah negeri atau pemerintah daerah di daerahnya masing-masing.

BACA JUGA :  Kominfo RI : Situs ELAELO.ID Bukan Buatan Pemerintah

Dari hasil rapat disimpulkan, 8 Masjid yang terletak di dalam Kota Banggai akan ditutup, dan jamaah akan diarahkan untuk shalat Ied di Alun-alun Taman Kota Banggai. Diharapkan juga masyarakat Banggai Laut tidak membuat kerumunan seperti takbir keliling. Takbir di Kabupaten Banggai Laut ditiadakan dan hanya dilaksanakan di masjid. (Prokopim Balut)