Headline News

Perlu Kerja Sama yang Transendental Berkelanjutan

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – KPU Kabupaten Banggai Laut menggelar rapat koordinasi dan rapat pleno terbuka daftar pemilih berkalanjutan (DPB) periode bulan Mei, Jumat (28/5).

Ketua KPU Banggai Laut Syarif Uda’a menjelaskan, masalah data begitu penting dikoordinasikan dengan Dinas Catatan Sipil yang telah mendata dengan baik. “Di pilkada 2020 ada lonjankan daftar pemilih sekitar 2000 lebih orang,” kata Syarif Uda’a.

Meski belum didukung dengan fasilitas yang belum memadai tetapi hasilnya sangat baik. “Dengan koordinasi dengan KPU khususnya bidang perencanaan dan data membuat terobosan sehingga data-data tersebut bisa terupdate,” jelasnya.

Saat ini, kata Syarif, KPU Banggai Laut tengah memaksimalkan data pemilih baru. data pemilih baru ini yakni dari Sekolah Menengah Atas atau SMA. “Ini yang akan kita upayakan targetnya lebih dari 50.000 pemilih,” harapnya.

Memang untuk mamaksimalkan data pemilih diakui Syarif harus bersinergi antar unsur Forkopimda hingga ke kepala-kepala desa. “Kita akan membuat nota kesepahaman atau MoU,” tuturnya.

KPU sebagai penyelenggara pemilih tidak memiliki data penduduk, yang punya database penduduk ada di Dinas Catatan Sipil. Data tersebut akan diberikan ke KPU dalam bentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4.” Data pemilih berpotensial yang akan kami terima,” ujarnya.

Ia menegaskan dengan data berbasis teknologi Informasi atau IT sehingganya perlu adanya kerja sama yang berkelanjutan transendental. “Antara penyelenggara dan pihak Catatan Sipil, Pemdes, Kesbangpol dan Instansi terkait, ” pungkasnya. NOMO