Headline News

Pengelolaan Lingkungan Hidup Memberikan Manfaat Ekonomi

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Pemerintah Kabupaten Banggai Laut terus melakukan strategi pembangunan jangka menengah yang berkelanjutan berdasarkan ekosistem yang rama lingkungan. itu dilakukan demi terjaganya Banggai Laut yang stabil secara lingkungan hidup.

Bupati Sofyan Kaepa mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan harus dipastikan keberlanjutannya terutama pengelolaan lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan hidup harus dapat memberikan manfaat ekonomi sosial dan budaya. “Dengan prinsip kehati-hatian,” Kata Bupati Sofyan membuka acara KLHS, Senin (31/5).

Demokrasi lingkungan serta desentralisasi, serta pengakuan penghargaan kearifan lingkungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar dapat menjadi penunjang sumber hidup bagi rakyat indonesia sendiri serta mahluk hidup lainnya.

“Instrumen kebijakan pembangunan lingkungan hidup dalam perencanaan pembangunan di indonesia telah diatur dalam peraturan menteri nomor 7 tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanan KLHS dalam penyusuna RPJMD,” jelasnya.

Dalam UU nomor 32 tahun 2019 disebutkan bahwa kajian strategis KLHS sebagai rangkaian analisis sistem matis menyuluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar yang terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

“Atau kebijakan rencana pembangunan yang sistemmatis menyuluruh berdasarkan visi dan misi,” pungkasnya. (NOMO)