Umpan Lambung Demokrat Banggai Laut

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Entah siapa yang pertama kali menginisiasi pembentukan wacana SOPAN yang berakronim Sofyan-Patwan. Namun wacana pembentukan SOPAN mulai santer diperbincangkan beberapa waktu lalu. Tepatnya ketika jagat media sosial Banggai Laut ramai bertebaran foto keharmonisan kedua politisi andal itu dengan bertagar SOPAN.

Sofyan Kaepa ditengah-tengah para kader Demokrat (Foto: Nomo/KabarBenggawi)

 

Keharmonisan Sofyan Kaepa dan Patwan Kuba terus terjalin dengan baik. Apalagi pendekatan keduanya itu diamini kedua masa pendukung masing-masing. Tak pelak bahkan Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng Anwar Hafid merestui secara terbuka dukungan Patwan Kuba untuk ikut maju di Pilkada Banggai Laut 2024.

“Kalo pak Bupati mau beda rasa, saya tawarkan Pak Patwan Kuba salah satu kader terbaik Demokrat,” ujar Anwar Hafid saat melantik pengurus DPAC Partai Demokrat Bangga Laut di kawasan Taman Kota Banggai, Kamis (11/8/2022).

Tampak Anwar Hafid dan Sofyan Kaepa tengah berbincang (Foto: Nomo/KabarBenggawi)

 

Jika dilihat lebih dalam lagi ini merupakan manuver cerdik dari partai Demokrat, sebab tawaran ini akan menjadi bola salju yang akan terus membesar dikalangan politisi lokal Banggai Laut, apalagi dua tahun sebelum konstestasi dimulai.

Dengan ancang-ancang sejak dini, pendukung kedua politisi tersebut dapat lebih luwes berkampanye menyampaikan ide-ide gagasan mereka. Sebab manuver apa pun yang bakal mereka lakukan saat ini belum dibatasi oleh rambu-rambu terkait penyelenggaraan pemilu maupun aturan main kampanye.

Manuver yang lebih luas lainnnya dapat dimanfaatkan Demokrat untuk terus mengusung para kadernya agar menaikan elektabilitas. Apalagi Ketua DPC Demokrat Banggai Laut Richard Manuas secara tegas menyampaikan bahwa dirinya telah siap untuk maju sebagai calon di DPRD Provinsi.

“Saya telah memutuskan pada Pileg 2024, akan maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi daerah pemilihan Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, saya mohon doa dan dukunganya,” tegas Richard.

Sejumlah kalangan menilai ini sebagai sinyal bahwa Demokrat Banggai Laut memberikan “umpan lambung” kepada Sofyan Kaepa untuk maju periode ke II melalui koalisi partai Demokrat, bahkan disebut-sebut Ia punya peluang besar untuk bergabung.

Sinyal itu pun tampaknya sudah ditangkap dengan baik oleh Sofyan Kaepa, setelah beberapa waktu lalu para kader Demokrat Banggai Laut bersilaturahmi ke rumah jabatannya.

Ia mengatakan, berpolitik itu tidak bisa bawah perasaan atau baper, hari ini kita lawan besok akan bersahabat itulah politik.

“Biasa-biasa saja berpolitik, karna bisa saja hari ini kita teman besok jadi lawan begitupun sebaliknya,” ujarnya.

Sofyan Kaepa juga memuji sikap dan perilaku para kader Demokrat Banggai Laut.

“Santunlah, datang ke saya hormati saya, duduk minta waktu sama-sama, itulah namanya kita berpartai politik, dulu Pak Richard ini lawan di Pilkada, namun begitu saya jadi Bupati beliau ada dibelakang saya untuk mendorong membangun Banggai Laut sama-sama, itu namanya politisi sejati,” pungkasnya.

 

Penulis : Nomo
Editor : –

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11
error: Content Kami Lindungi !!!