EkonomiHeadline News

Raperda APBD-P 2023 Disetujui

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – DPRD dan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut menggelar persetujuan bersama Raperda APBD-P 2023, Rabu (28/9/2023).

Wakil Bupati Ablit H. Ilyas dalam sambutannya menyampaikan, persetujuan ini merupakan manivestasi dari rasa tanggungjawab kepada masyarakat dan juga sebagai cerminan pelaksanaan fungsi kesetaraan dan kemitraan antara DPRD dan Pemkab dalam rangka mewujudkan kesejahteraan.

“Dalam pembahasan Raperda APBD-P sering diwarnai dengan pengungkapan argumentasi dan pendapat yang cukup alot, namun semuannya dalam suasana demokratis dilandasi rasa kekeluargaan,” kata Wabup.

BACA JUGA :  Kejari Balut, Musnakan 43 Barang Bukti

Tujuan dari Raperda APBD-P 2023 adalah untuk pembangunan dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta pemerintah, swasta serta masyarakat untuk meningkatkan daya saing daerah.

“Ini semua merupakan yang terbaik dan sangat positif karena menunjukan kepedulian yang tinggi terhadap kepedulian pembangunan dan kemajuan daerah,” ucapnya.

Orang nomor dua di Banggai Laut itu mengungkapkan, beberapa usulan, saran dan rekomendasi dari tim Banggar akan dilakukan penyesuaian dan perbaikan sebagaimana yang tertuang dalam notulen sidang Pansus.

BACA JUGA :  OJK Perbolehkan Pinjaman Pinjol Maksimum Rp10 Miliar

“Dengan harapan rencana keuangan daerah tidak bertentangan kepentingan umum,” katanya.

Meski begitu, kata Wabup tidak semua kebutuahan dapat terakomodir karena mengingat kemampuan keuangan daerah belum juga memungkinkan untuk membiayai keseluruhan program dan kegiatan yang diusulakan.

“Lebih mengutamakan program dan kegiatan skala prioritas,” ujar wabup.

Sebagaimana diketahui setelah persetujuan bersama Pemkab dan DPRD akan menyampaikan kepada Gubernur untuk dievaluasi paling lambat tiga hari setelah persetujuan bersama ditandatangani.

BACA JUGA :  Gawat! Berakhir Masa Tugas, Pj Bupati Banggai Kepulauan Terjadi Kekosongan ?

Penulis : Nomo