Headline News

Rapat LKPJ Bupati Tahun 2019, Patwan Minta Disparbud Hasilkan PAD

FOTO Patwan Kuba

BALUT, KABAR BENGGAWI – Rapat paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2019 yang digelar di ruang sidang kantor DPRD Selasa (18/08). Kegiatan tersebut di pimpin langsung Ketua DPRD Mahdiani Bukamo.

Setelah pemaparan LKPJ Bupati tahun 2019, Patwan Kuba aleg asal demokrat  menanggapi terkait pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari sejumlah dinas, untuk dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) setiap tahun anggaran diporsikan miliaran rupiah namun sampai saat ini belum ada PAD yang disumbangkan ke daerah.

“Tiap tahunnya disparbud diporsikan anggaran miliaran seharusnya sudah menghasilkan PAD,” kata Patwan.

BACA JUGA :  Telan Anggaran 625 Juta, Wisata Tolobundu Belum Hasilkan PAD

Padahal, tambah Patwan Potensi untuk menghasilkan PAD pada Disparbud cukup besar sebab kabupaten Banggai Laut banyak potensi wisata yang harus dikelola dan dimaksimalkan dengan baik.

Foto Rapat LKPJ Bupati Tahun 2019Foto Rapat LKPJ Bupati

“Jika terkendala dengan Perda penarikan retribusi wisata, kepala dinas secepatnya berkoordinasi dengan bagian hukum untuk membuat perda retribusi wisata,” terangnya

Menanggapi hal itu, Kadis Pariwisata dan Budaya Ruslan Tolani mengatakan, memang beberapa tahun ini pihaknya baru merencanakan perda penarikan retribusi untuk wisata dan di tahun 2020 ini akan terselesaikan.

“Insya Allah bulan Januari 2021 sudah di berlakukan retribusi wisatawan, saat ini kami dalam tahapan sosialisasi dimasyarakat,” terangnya. MAN

subscribe