EkonomiPeristiwa

Palang Parkir Otomatis di Pasar Baru, Steven Musa : Insya Allah Satu Dua Hari Beroperasi

BANGGAI, KABAR BENGGAWI – Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai Laut memastikan dalam pekan ini akan mengoperasikan portal parkir automatic atau palang parkir otomatis di kawasan Pasar Baru Banggai. Itu disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Steven Musa, Kamis malam (2/11/2023).

“Iya, siap beroperasi satu dua hari ini insya allah,” singkat Steven di kawasan Pasar Baru Banggai saat ditemui wartawan.

Steven turung langsung memonitoring installasi perangkat di komputer petugas penjaga.

Ia menyebut saat ini pihaknya tengah melakukan installalasi berbagai perangkat yang bakal digunakan guna mendukung pengoperasian portal parkir tersebut.

BACA JUGA :  Terbukti Korupsi, Mantan Kepala BPKAD Banggai Kepulauan Divonis 14 Tahun Penjara

“Masih sementara setting perangkat,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Donny Hendrik Siwy mengatakan, palang parkir otomatis Pasar Baru Banggai setelah installasi perangkat dan akan dilakukan training bagi pegawainya.

“Di training anggota dulu, nanti kalau sudah semuanya siap baru kita operasikan,” katanya

“Kalau kemarin masih manual, sekarang beralih menggunakan teknologi,” imbuh dia.

KabarBenggawi berkesempatan melakukan uji coba palang parkir otomatis, dari pintu masuk pengendara akan diarahkan menekan tombol berwarna hijau untuk mengambil karcis, setelah itu dibalik mesin otomasi akan mengeluarkan kartu parkir bersamaan dengan itu palang akan terbuka.

BACA JUGA :  OJK Perbolehkan Pinjaman Pinjol Maksimum Rp10 Miliar

Di bagian pintu keluar, karcis tadi diberikan ke loket kasir yang menjaga dan melakukan pembayaran.

Terkait penggguna jasa kendaraan umum seperti ojek, bentor serta taksi, kata Donny yang membayar nantinya penumpang. Jika tidak bisa maka pilihannya, penumpang diturunkan didepan terminal.

“Kalau kendaraan umum, masuk kan ambil karcis, keluar harus bayar. Jadi kalau tidak mau bayar karcis, penumpangnya turun di depan terminal. Kalau masuk penumpang menambah untuk jasa parkir mereka,” terangnya.

“Sedangkan untuk pedagang nantinya akan dibuatkan kartu. Karna mereka (pedagang, red) langganan bulanan,” sambung dia.

BACA JUGA :  Buka Rakernas ke-16 APKASI, Jokowi Minta Daerah Harus Adaptif dan Inovatif

Donny berharap, dengan diterapkannya palang parkir otomatis di kawasan Pasar Baru maka akan memaksimalkan pemasukan retribusi yang selama ini dinilai belum maksimal.

“Kalau sekarang semuanya sudah tersistem. Laporannya juga langsung masuk ke kita. Sehari berapa motor atau mobil yang masuk ketahuan. Palang pintu menjadi pembatas,” ujarnya.

Selain di Pasar Baru Banggai, palang parkir otomatis juga akan diterapkan di Pelabuhan Rakyat Banggai.

Perlu diketahui keberadaan palang parkir otomatis itu adalah upaya Dinas Perhubungan dalam memaksimalkan retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Penulis : Nomo
Editor : –