EDITORIAL : DN 6 Q akan ke Siapa ?

Oleh : Purnomo Lamala

BANGGAI LAUT – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Banggai Laut makin panas diperbincangkan publik. Alih-alih ingin segera mengetahui siapa kandidat kuat yang akan menggunakan mobil dengan nomor polisi DN 6 Q itu. Bupati Sofyan Kaepa hanya sedikit membeberkan kepada publik bahwa jabatan Panglima Aparatur Sipil Negara (ASN) Banggai Laut tengah sementara diurusnya.

“Tak lama lagi kita akan memiliki Sekda yang baru, saya sedang mengurus berkasnya,” kata Bupati Sofyan Kaepa saat memberikan sambutan serah terima speedboat dari Dinkes Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (19/3).

Sejak daerah otonomi baru kabupaten Banggai Laut tahun 2012 jabatan Sekda pernah diduduki pejabat senior dan berpengalaman sebut saja Furqanudin Masulili, Aswin Musa, Idhamsyah Tompo dan saat ini H. Ramli Nadjil, tetapi belakangan ini mencuat nama baru yang digadang-gadang publik telah siap dan patut diperhitungkan.

Nama baru itu yakni Ruslan Tolani, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu, memang sarat akan pengalaman dan seorang Birokrat ulung yang patut diacungkan jempol.

Betapa tidak, dengan tangan dinginnya, Ia telah berhasil menyulap acara-acara kebudayaan beberapa tahun terakhir ini sukses meriah.

Selain itu, Ruslan Tolani juga dikabarkan telah menyiapkan berkas untuk masuk ke bursa calon Sekda.

“Berkasnya telah saya siapkan ini,” ujar Ruslan Tolani di ruangannya, Senin (22/3).

Disisi lain, Pj Sekda saat ini H. Ramli Nadjil masih mumpuni untuk didapuk menjadi Sekda definitif. Ia memiliki segudang pengalaman, sebut saja dimana ada satu kecamatan memiliki dua Puskesmas, hanya ada di Banggai Laut. Hasil ini berkat buah tangan meyakinkan pemerintah pusat yang dibawah oleh H. Ramli Nadjil yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan, hal seperti ini yang harus diapresiasi.

H. Ramli Nadjil juga dikenal pejabat yang rendah hati dan luwes bergaul dengan siapa saja.

Berdasarkan Perpres Nomor 3 tahun 2018 calon Sekda diangkat dari pegawai negeri sipil yang memenuhi persyaratan:

a. menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIa untuk penjabat sekretaris daerah provinsi atau menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIb untuk penjabat sekretaris daerah kabupaten;

b. memiliki pangkat paling rendah pembina utama muda golongan IV/c untuk penjabat sekretaris daerah provinsi dan pangkat pembina tingkat I golongan IV/b untuk penjabat sekretaris daerah kabupaten;

c. berusia paling tinggi satu tahun sebelum mencapai batas usia pensiun;

d. mempunyai penilaian prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;

e. memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; dan

f. tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang dan/atau berat

Selanjutnya Bupati mengusulkan secara tertulis satu calon penjabat sekretaris daerah kepada gubernur paling lambat lima hari kerja terhitung sejak sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas atau terjadinya kekosongan sekretaris daerah kabupaten.

Meski demikian, siapapun yang siap maju di bursa calon Sekda, nantinya yang bakal dilantik oleh Bupati Sofyan sebagai panglima ASN masih merupakan tandatanya besar bagi publik Banggai Laut. *

error: Content Kami Lindungi !!!